Jumat, 15 Juni 2012

Wisata Air Panas Banyuwedang


Sungguh unik, sebuah air panas yang muncul di pantai. Air panas ini berada di bawah air pada waktu air pasang. Untuk mengatasi agar saat air pasang sumber air panas ini tidak bercampur dengan air laut, maka dibangun beton pengaman berbentuk lingkaran yang fungsinya sebagai tanggul. Air panas ini banyak mengandung belerang dengan rata-rata suhu 40 derajat celcius. Karena kandungan belerangnya yang cukup tinggi, air panas ini dipercayai dapat menyembuhkan berbagai penyakit terutama penyakit kulit.

Di sekitar pantai sumber air panas, terdapat tumbuhan bakau yang dapat mencegah abrasi air laut. Wisatawan yang berkunjung akan disuguhi pemandangan teluk yang indah, disamping mendapatkan kesembuhan penyakit kulit. 



 Air Panas Banyuwedang terletak di Desa Pejarakan Kecamatan Gerokgak 60 km dari kota Singaraja, dipinggir batas kawasan Taman Nasional Bali Barat. Di sebelah selatan jalan raya ke Air Panas Banyuwedang termasuk kawasan Taman Nasional, sedangkan di sebelah utaranya adalah kawasan Batu Ampar yang terdiri dari tanah berkapur. Kawasan Batu Ampar ini oleh daerah tingkat II Buleleng telah direncanakan sebagai kawasan wisata baru, mengingat adanya potensi daya tarik yang besar, diantaranya adalah adanya Taman Laut di sekitar Pulau Menjangan. Nah untuk mengakses air panas Banyuwedang kita dapat menempuhnya dari jalan raya jurusan Singaraja-Gilimanuk. 

Di areal Air Panas Banyuwedang terdapat fasilitas kamar mandi tertutup dan beberapa WC dibangun oleh Taman Nasional Bali Barat, dan beberapa tempat berteduh. Sampai saat ini peminat wisata air panas ini cenderung wisatawan lokal yang ingin menyembuhkan penyakit kulitnya, untuk wisatawan mancanegara masih jarang untuk ditemui.

Jika diamati lebih jauh sumber air panas ini terletak ditengah-tengah hutan bakau di pinggir pantai, dengan tanaman yang tumbuh berupa tanaman yang tidak banyak membutuhkan air, seperti pohon bekul atau bangyang. Daerah ini merupakan kawasan gersang yang masih jarang penduduk jadi suasananya sangat tenang, dan nyaman untuk menghilangkan penat dari aktivitas keseharian.

Kawasan ini cocok untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata pengobatan, disamping wisatawan bisa berpiknik di tempat-tempat teduh bersama keluarga tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar