Kamis, 07 Juni 2012

Spot Diving Alternatif di Bali Utara

(Sumber gambar: jakarta post)
Pulau Menjangan, pulau kecil nan indah yang terletak di Bali belahan utara (tepatnya barat laut pulau Bali) di wilayah Desa Sumber Klampok, kecamatan Gerokgak, kabupaten Buleleng, tepatnya sekitar 20 Km dari Gilimanuk dan kurang lebih 76 Km dari pusat kota Singaraja. Pulau Menjangan masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB) jadi semua hal yang bersifat administratif masih menjadi naungan TNBB. Pulau seluas sekitar 6000 hektar ini bernama Menjangan karena di
pulau ini hidup binatang liar yang dilestarikan yaitu Rusa yang dalam bahasa Bali sendiri disebut dengan Menjangan.

Pulau Menjangan merupakan sebuah pulau kecil yang terpisah dari pulau Bali, jadi untuk akses ke sana kita bisa menyeberang dengan boat dari Labuhan Lalang dan menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Waktu perjalanan ini dipengaruhi oleh faktor angin dan ketinggian ombak. 

Jalur yang biasanya dilalui adalah jalur selatan yang mana pos pertama (berupa dermaga kecil) ada di sisi selatan Pulau Menjangan. Pos ini menurut kebanyakan diver merupakan pos paling aman untuk para diver pemula ataupun hanya untuk sekedar bersnorkling. Terumbu karang yang ada di pos ini juga beragam dengan kedalaman yang sedang.

Kontur lautnya berupa kontur drop off, yaitu lautan yang awalnya dangkal mendatar tiba-tiba langsung dalam. Dengan jarak pandang yang cukup panjang membuat Pulau Menjangan menjadi surga para fotografer bawah laut.


(salah satu spot yang ada di Pulau Menjangan, menjadikan kawasan ini surga para diver dan penghobi snorkling yang dimanjakan pemandangan bawah laut nan sangat indah. Hal ini menjadi potensi daya tarik wisata alam yang ada di Bali bagian utara)



Sebelum melakukan diving atau snorkling, wisatawan wajib melapor kepada pihak TNBB agar mendapat ijin. Dalam hal perijinan wisatawan tak perlu khawatir, karena hampir seluruh pihak dive operator sudah memiliki ijin dari TNBB jadi dalam kegiatan diving didampingi dive operator menjadi pilihan terbaik. 

alam bawah laut pulau menjangan
(Sumber gambar: bookatonline.com)

Selain kehidupan bawah laut yang indah, kehidupan darat yang ada di Pulau Menjangan tak kalah indahnya. Hewan khas yang bisa ditemui di sini sesuai dengan namanya adalah Menjangan (meskipun dewasa ini populasinya semakin sedikit). Selain menjangan, terdapat pula burung Jalak Bali yang merupakan salah satu burung langka yang ada di dunia dan dengan jumlah yang sangat sedikit. 

Untuk akomodasi, kini sudah banyak hotel-hotel berbintang yang ada di wilayah ini dan siap untuk menawarkan jasanya. 

Sebagai pelaku pariwisata sudah sepatutnya kita bisa melestarikan warisan alam ini agar beberapa tahun kedepan tetap asri, dan tidak rusak akibat eksploitasi secara tidak bertanggung jawab, sehingga potensi alam ini bisa dinikmati hingga keturunan kita selanjutnya.

by: Dhamma Satya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar